Labels

Random Ads

Cara Mudah Menghapus Aplikasi Smartphone Android

Cara Menghapus Aplikasi Android - Sistem operasi dengan icon robot hijau lucu ini sangat sukses di pasaran dan banyak pula vendor yang mengadopsi sistem operasi ini pada produk - produk atau gadget nya sehingga makin membuatnya berjaya. 

Tidak sedikit dari aplikasi gratis tersebut yang bisa dibilang cukup bagus, sehingga membuat para pengguna perangkat Android tergiur untuk menginstalnya pada masing - masing perangkat yang dimiliki. Namun karena keterbatasan ruang penyimpanan terutama pada perangkat yang memiliki spesifikasi kurang mumpuni membuat pengguna harus membatasi jumlah aplikasi yang akan di install.

Sering kali pengguna harus meng-uninstall atau menghapus aplikasi "lama" yang dirasa tidak dibutuhkan lagi agar ruang penyimpanan bisa digunakan untuk menginstal aplikasi lainnya yang dianggap "fresh". Mengingat banyaknya pengguna baru perangkat Android yang rata - rata masih awam, terkadang mereka tidak mengerti bagaimana caranya untuk menghapus aplikasi yang sudah tidak diinginkan tersebut. Nah untuk itu pada tutorial dasar Android kali ini, cara cerita akan membeberkan langkah - langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mengeksekusi aplikasi yang tidak diinginkan tersebut. 

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuka menu setting yang bisa anda temukan di menu, atau bisa juga dengan cara menyentuh softkey (tombol option) pada home screen lalu pilih setting
Setting Android

Setelah membuka setting, pilih aplikasi
Mengatur aplikasi Android

Pada Android versi 2.3 (Gingerbread), anda harus memilih manage applications atau atur aplikasiagar dapat muncul daftar aplikasi seperti pada gambar dibawah ini.
Aplikasi pada Android

Pilihlah salah satu aplikasi yang ingin dieksekusi atau di hapus, lalu pilih uninstall
Menghapus aplikasi Android

Ketika ada peringatan untuk mengkonfirmasi, tekan oke atau uninstall, dan aplikasi akan dihapus oleh sistem. Nah cukup mudah bukan caranya? Silahkan cari aplikasi lain yang sekiranya kurang berguna atau tidak anda butuhkan lalu lakukan cara yang sama seperti yang sudah tertulis diatas.

Namun aplikasi bawaan pabrik tidak akan bisa dihapus dengan cara ini, karena anda tidak memiliki ijin untuk melakukannya. Memang, pada saat baru membeli sebuah perangkat Android, biasanya banyak terdapat bloatware (aplikasi "tidak berguna") yang cukup memenuhi ruang penyimpanan atau memory internal dari perangkat anda. Sebagian dari bloatware atau aplikasi itu bisa dihapus dengan cara normal seperti yang saya jelaskan diatas, namun sebagian lainnya tidak bisa dihapus karena tergolong aplikasi system.

Menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus (aplikasi system)  bisa dilakukan dengan memanfaatkan sebuah aplikasi, yakni Link2SD. Namun untuk dapat memanfaatkannya, perangkat anda harus terlebih dahulu di-root karena aplikasi tersebut membutuhkan akses root. Untuk cara penggunaannya bisa anda baca pada halaman cara menggunakan Link2SD. Nah Semoga bermanfaat