Labels

Random Ads

Panduan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Panduan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil - Kehamilan adalah saat yang ditungguh-tunggu oleh pasangan yang telah melangsungkan pernikahan. Jadi selamat bagi ibu yang hamil, semoga anak-anaknya cantik, ganteng dan bisa berkembang dengan sehat. Jadi, selama kehamilan sangat penting sekali bagi ibu hamil untuk memperhatikan makanannya terutama dalam trisemester pertama kehamilan. Memang dalam trisemester pertama kehamilan, ibu hami sering mual, muntah bahkan kurang nafsu makan, padahal makanan dan asupan gizi bagi kehamilan dan janin sangat penting diperhatikan oleh ibu.
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Panduan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Maka, panduan makanan sehat untuk ibu hamil ini penting diperhatikan agar menjadi gaya hidup ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan janin dan dirnya selama kehamilan. Yang sangat penting dalam kehamilan memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi bukan memperhatikan kuantitas makanan. Mari kita lihat apa saja makanan sehat yang penting dikonsumsi ibu hamil, lebih-lebih ibu hamil muda. Dengan makanan sehat maka nutrisi terpenuhi dan kecantikan ibu hamil tetap terjaga.

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

1. Mengkonsumsi produk susu
Susu atau produk susu sangat bagus untuk kesehatan ibu hamil. Kandungan susu bisa menjadi bahan alami dalam membantu memperbaiki jaringan-jaringan janin yang rusak dan bisa memberikan kecukupan kalsium yang sangat dibutuhkan janin selama perkembangan tulangnya. Anda bisa minum susu biasa, tetapi disarankan untuk minum susu ibu hamil seperti prenagen emesis dan susu-susu lainnya. Untuk ulasan lebih lanjutnya tentang manfaat susu bagi ibu hamil, anda bisa browsing dan cari Google.com.

2. Buah-buahan sehat dan sayuran
Buah-buahan juga sangat penting dikonsumsi ibu hamil, terutama untuk trisemester pertama adalah buah jeruk. Jeruk bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan memerangi terjadinya infeksi. Dengan mengkonsumsi jeruk yang banyak juga bisa memberikan kekuatan yang bagi kandungan yang baru saja terbentuk. Selain buah-buahan sayuran hijau adalah hal penting untuk dikonsumsi selama kehamilan. Kandungan zat besi dalam sayuran hijau sangat penting untuk mencegah terjadinya anemia atau kurang darah. Jadi, perbanyak makan buah-buahan dan sayuran hijau, kalau bisa hindari makanan tidak sehat, seperti gorengan, nanas, durian pada awal-awal kehamilan untuk mencegah terjadinya keguguran.

3. Mengkonsumsi ikan
Ikan adalah sumber protein dan lemak sehat. Jadi konsumsilah ikan, seperti salmon, ikan kembung, sarden. Ikan-ikan ini mengandung banyak asam lemak Omega 3 yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak janin. Tetapi anda juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi ikan, hindari makan ikan yang banyak kandungan merkurinya seperti ikan hiu, ikan tuna sirip biru, ikan bandeng chili, ikan kerapu dan beberapa jenis lainnya.

4. Kacang-kacangan
Mengkonsumsi kacang-kacangan adalah termasuk gaya diet sehat bagi ibu hamil. Kacang-kacangan sangat penting dalam perkembangan sistem saraf bayi, seperti kacang hijau yang mengandung asam folat dan vitamin B. Kacangan-kacangan juga bergunak untuk memberikan energi bagi ibu hamil muda yang sering sakit dan mual.

5. Mengkonsumsi air dan vitmain
Selama masa kehamilan penting diperhatikan vitamin dan air dalam emncukupi cairan dalam tubuh. Sebaiknya minum air putih yang dicampurkan dengan sari buah, tetapi jangan anda beri gula. Minumlah secara sehat tanpa ada gula. Jus seperti alpukat juga bagus untuk kesehatan ibu hamil dan memberikan kesegaran selama kehamilan.

Demikianlah beberapa cara makan atau panduan makanan sehat untuk ibu hamil. Semoga saja kehamilan anda lancar dan bisa membuah anak yang sehat dan pintar dikemudian harinya. Perhatikan selalu makanan anda dengan baik. Utamakanan mengkonsumsi makanan yang berkualitas ketimbang kuantitas makanan. Semoga bermanfaat