Labels

Random Ads

Sumber Asam Lemak Omega 3 dalam Makanan Sehari-hari

Sumber Asam Lemak Omega 3 dalam Makanan - Makanan yang kita konsumsi sehari-hari disarankan agar sehat dan mengandung banyak nutrisi. Karena makanan yang banyak nutrisinya akan sangat mempengaruhi kesehatan dan kecerdasan. Salah satu bentuk nutrisi yang penting dan harus dikonsumsi oleh kita adalah omega 3. Omega 3 dipercaya menjadi zat yang sangat diperlukan oleh tubuh, terutama anak-anak dan ibu hamil. Bagi anak-anak omega 3 ini mampu menjadi makanan yang akan meningkatkan kecerdasan anak, begitu juga bagi ibu hamil. Ibu hamil yang mengkonsumsi omega 3 akan sangat mmempengaruhi kesehatan janin dan kecerdasan janin yang dikandungnya.
Sumber Asalm Lemak Omega 3
Lantas, apa saja yang menjadi sumber omega 3 dalam makanan. Ini menjadi pertanyaan karena kita sering mendengar bahwa omega 3 hanya terdapat pada makanan tertentu yang harganya tergolong mahal. Sebenarnya omega 3 ini bisa dengan mudah diperdapatkan baik pada sayuran atau pada beberapa jenis ikan yang ada disekitar kita. Misalnya sayuran bayam, ini adalah salah satu sayuran yang mengandung omega 3, begitu juga dengan ikan, seperti lele, belut adalah sumber lain dari asam lemak omega tiga.

Untuk lebih memaksimalkan pengetahuan kita tentang makanan-makanan yang mengandung omega 3, berikut kami akan memberikan daftar makanan, baik ikan atau sayuran yang mengandung omega 3, sehingga kita dengan mudah bisa memenuhi kebutuhan tubuh terhadap nutrisi ini.

1. Buah alpukat.
Buah alpukat memang buah yang mengandung lemak, namun lemak didalamnya adalah lemak tak jenuh atau lemak sehat, dan kolesterol sehat, jadi anda tidak perlu khawatir dengan mengkonsumsi buah alpukat ini. Buah alpukat ini juga mengandung omega 3, omega 6 dan 9 yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

2. Minyak Zaitun
Tidak asing lagi kalau minyak hasil dari perkebunan di Mediterania ini sangat bagus untuk kesehatan atau kecantikan, jadi wajar kalau bahan alami ini sering terdapat dalam produk kecantikan. Minyak zaitun mengandung banyak omega 3 tetapi yang paling utama adalah minyak zaitun yang belum melalui proses kimia, atau masih murni.

3. Biji Rami
Ini adalah sumber omega 3 utama dalam makanan bijian. Agar omega 3-nya tetap bagus dan tahan lama, simpanlah biji rami dalam kotak yang kedap udara. Khasiat dari omega 3 ini bisa melawan penyakiit jantung dan kolesterol jahat.

4. Biji chia
Ini adalah makanan bijian lain yang mengandung banyak asam lemak omega 3. Khasiat dari biji chia bisa melancarkan pencernaan karena mengandung banyak serat didalamnya, sehingga bisa melancarkan proses pencernaan. Disamping itu, Biji Chia juga berkemampuan dalam menjaga pertahanan tubuh dan daya tahan tubuh.

5. Ikan salmon
Ikan ini sudah tidak asing lagi. Berbicara tentang asam lemak omega 3 tentu ikan salmon rajanya. Tetapi utamakan mengkonsumsi ikan salmon liar yang bukan hasil ternakan, karena salmon liar lebih banyak asam lemak omega 3-nya. Ikan ini biasanya hidup di Amerika seperti di sungai Amazon dan lain-lain. Untuk mencukupi asam lemak Omega 3 makanlah 2 sampai 3 kali ikan salmon dalam seminggu.

6. Ikan Tuna
Sumber asam lemak omega 3 lainnya yaitu ikan tuna. Namun ikan ini sempat diperbincangkan sebagai ikan yang tidak baik untuk kesehatan, karena mengandung merkuri didalamnya. Namun anda bisa menjauhi masalah ini dengan memilih ikan tuna yang masih fresh dan segar dipasaran.

7. Telur
Telur adalah makanan sehat yang penting untuk dikonsumsi. Dalam telur mengandung banyak protein dan asam lemak omega 3. Tetapi bagi anda yang bermasalah dengan kolesterol sebaiknya tidak mengkonsumsi kuning telur secara berlebihan. Kalau ingin lebih jelas konsultasi dengan dokter anda.

8. Kembang kol
Salah satu Sayuran yang mengandung omega 3 adalah kol atau kembang kol. Kembang kol tidak hanya mengandung omega 3, tetapi juga mengandung magnesium, kalium, niasin yang sangat bagus untuk kesehatan jantung.

9. Kedelai
Makanan lain yang mengandung asam lemak omega 3 adalah kedelai, kalau anda tidak suka makan kedelai, anda bisa mengkonsumsi produk yang berasal dari kedelai seperti tempe, tahu, susu kedelai, atau soya. Selain mengandung omega 3 kedelai juga mengandung serat, zat besi, protein, kalsium, vitamin K, dan folat.

10. Belut
Ikan belut adalah makanan berlemak yang mengandung banyak gizi, orang biasa memakan belut sebagai obat kuat atau penambah stamina. Belut sebenarnya mengandung banyak omega 3 esensial yang penting untuk perkembangan bayi dan kecerdasan anak-anak.

11. Ikan lele
Dari bentuknya yang licin-licin sama seperti belut, ikan ini juga mengandung banyak omega 3, ikan lain yang mengandung gizi seperti ikan lele adalah ikan tuna, sarden, salmon. Selain ini, lele juga mengandung banyak protein yang sangat bagus untuk pertumbuhan fisik anak.

Itulah beberapa jenis makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 yang bagus untuk dikonsumsi oleh kita semua, terutama ibu hamil dan anak-annak yang masih dalam tahap perkembangan.

Selain yang telah kami sebutkan diatas, masih ada lagi sayuran-sayuran yang bagus untuk dikonsumsi. Kami menyebutnya dengan sayuran yang memiliki nutrisi tertinggi.